Wapres Ma’ruf Amin Absen di KTT G20, Jubir Beri Penjelasan

Posted on

Wakil Presiden Jakarta Maruf Amin tidak akan menghadiri acara G20 di Bali pada 15-16 November 2022. Masuduki, juru bicara Wakil Presiden Baidlowi, menjelaskan mengapa Maruf tidak akan menghadiri KTT G20.

Menurut Masduki, Ma’ruf berbagi tugas dengan Presiden Jokowi.

“Wakil presiden sengaja berkoordinasi dengan presiden agar tidak hadir di Bali. Wapres harus menjaga pintu gerbang Jakarta dan harus mengambil banyak tugas dari presiden,” kata Masuduki. Rabu (16/11/2022).

Masuduki mengatakan Marhu sengaja berada di Jakarta karena presiden dan wakil presiden tidak perlu berada di tempat yang sama.

“Sesuai irama, presiden dan wakil presiden tidak perlu satu tempat, jadi wakil presiden sengaja ke sini. Besok malah ada delegasi tugas dari presiden H20 ke Semarang dari G20,” dia berkata. kata Masduki.

Belum lagi tugas kenegaraan lainnya di luar acara KTT G20. “Jadi wakil presiden banyak mandat untuk mendapatkan mandat dari presiden,” jelasnya.

Faktor keamanan juga menjadi pertimbangan ketidakhadiran Marhu, karena keamanan untuk pemimpin negara tamu sudah sangat ketat dan akan lebih ketat jika Jokowi dan Marhu menghadiri G20-nya, kata Masuduki. telah melakukan. posisi.

“Saya bisa membayangkan banyak kepala negara dari seluruh dunia berkumpul di Bali kalau pengamanannya sangat ketat, lalu presiden dan wakil presiden juga berkumpul di sana dengan pengamanan yang sangat ketat. Wapres sudah meminta izin kepada Presiden untuk tidak hadir di Bali.”

Masduki berharap penjelasannya atas ketidakhadiran Ma’ruf di G20 dapat dipahami dan mencegah terjadinya penafsiran liar.

“Saya coba jelaskan kenapa Wapres tidak ada di Bali agar tidak ada perbedaan penafsiran,” kata Masuduki.

Joko Widodo atau Presiden Jokowi resmi mengakhiri penyelenggaraan KTT G20 di Bali pada Rabu (16/11/2022). Dengan ini, dia menyatakan KTT G20 yang digelar di Bali sejak 15 November 2022 telah usai.

“Dengan ini, saya nyatakan bahwa G20 di Bali, Indonesia sudah ditutup,” kata Jokowi, seperti disiarkan YouTube pada Rabu (16/11/2022) oleh Sekretariat Presiden menggunakan palu. 5 kali.

Ia mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin negara G20 dan tamu undangan yang hadir dalam KTT di Bali. Jokowi mengaku sangat tersanjung Indonesia bisa memimpin G20 selama setahun terakhir.

“Sekali lagi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia dan berharap Anda melakukan perjalanan yang aman dan perjalanan yang aman,” katanya.

324 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *